Info

Sistem Kerja Fire Alarm System - Sistem Alarm Kebakaran

Berikut adalah sistem kerja dari Fire Alarm System atau Sistem Alarm Kebakaran. Fire Alarm System merupakan perangkat yang berfungsi untuk mendeteksi dan memperingatkan orang-orang disekitarnya melalui suara ketika terdeteksinya asap, api, karbon monoksida dan keadaan darurat lainnya.

Fire Alarm System dapat berbentuk lonceng, lampu atau pemuncul suara lainnya yang dapat mendeteksi asap serta panas. Tinggi dan rendahnya suara alarm disesuaikan dengan standar suatu negara. Ada yang berbunyi seperti sirene kebakaran. Tinggi rendahnya suara juga dapat diatur seusai dengan luas area yang dapat dijangkau suara peringatan. Ada dua Fire Alarm System seperti

Conventional Systems Fire Alarm System

Sistem Konvensional (Conventional Systems) yaitu menggunakan sistem penghubung antar detector dengan detector lainnya ke panel. Kabel yang digunakan umumnya kabel listrik NYM 2x1.5mm atau lainnya NYMHY 2x1.5mm.

Untuk mencegah berbagai resiko sebaiknya kabel yang digunakan adalah kabel tahan api atau FRC (Fire Resistance Cable). Dikarenakan memakai kebel dengan isi dua maka instalasi ini disebut dengan 2 Wire Type. Adapun 3 Wire Type dan 4 Wire Type yang disesuaikan dengan fungsi tambahan-nya pada area yang digunakan.

Seperti 3 Wire Type memiliki output berupa lampu. Biasanya digunakan di hotel dan rumah sakit. Lampu tersebut berguna untuk memberikan informasi bahwa ketika lampu menyala menandakan area yang terbakar. Adaupun 4 Wire Type yang digunakan di rumah, dan dimanfaatkan dengan Smoke Detector 12v dan dihubungkan dengan Panel Alarm Rumah.

Common Addressable Fire Alarm System

Sistem Addressable (Common Addressable) yaitu sistem yang digunakan untuk istalasi di gedung-gedung bertingkat seperti kantor, hotel, mall dan lainnya. Pada sistem ini menggunakan Address atau Alamat, dimana setiap detector memiliki alamatnya sendiri. Alamatnya dapat berupa ID perangkat yang digunakan. Dengan memiliki alamat id pada perangkat membuat kita menjadi mengetahui titik atau area kebakaran dengan mudah.