Info

Teknik Menggulung Selang Pemadam Api

Berikut teknik mudah untuk menggulung selang pemadam api. Fire hose atau selang pemadam api adalah salah satu perangkat penting yang harus dipergunakan dengan cara yang baik dan benar.

Fire hose memiliki fungsi untuk mengalirkan tekanan air sampai keluar dan diarahkan oleh Fire Nozzle. Setelah pemakaian selang pemadam api sebaiknya selang tersebut digulung kembali. Namun tidak semua orang mengetahui cara menggulung selang pemadam api yang baik dan benar.

Teknik Menggulung Selang Pemadam Api Fire Hose


Sebenarnya cara menggulung selang pemadam api sangatlah mudah. Ada dua teknik menggulung selang pemadam api yang dapat anda lakukan. Yang pertama adalah teknik Single Roll (Penggulung Selang Tunggal) yang merupakan cara menggulung selang pemadam mengikuti alur berlawanan dan dilakukan oleh dua orang.

Pastikan Male Coupling berada ditengah saat awal diputar berlawanan arah jarum jam, sampai akhirnya Female Coupling yang berada di luar lingkaran gulungan selang. Karena Female Coupling yang berguna untuk dihubungkan ke Hydrant Valve. Teknik ini dapat diterapkan untuk selang pemadam api dengan spesifikasi selang dengan panjang dan diameter sedang.

Teknik Menggulung Selang Pemadam Api Single Roll


Cara kedua adalah Double Roll (Penggulungan Selang Ganda). Cara ini berbeda dengan teknik sebelumnya. Saat awal Male dan Female Coupling disatukan atau di dempetkan terlebih dahulu dan lipat rapih ujungnya.

Kedua ujung Coupling di berikan jarak 20 Cm -25 Cm untuk membuat hasil gulungan menjadi lebih rapih dan mudah di operasikan. Kemudian gulung ujung lipatan sampai akhir dimana kedua Coupling berada diluar lingkaran gulungan.  Teknik ini memiliki rentan waktu penggulungan yang lebih cepat. Teknik kedua baik diterapkan untuk selang pemadam api dengan spesifikasi selang dengan panjang dan dengan diameter besar.

Teknik Menggulung Selang Pemadam Api Double Roll


Dengan kedua teknik tersebut dilakukan, maka akan sangat membantu petugas untuk mempercepat proses persiapan untuk pemadam kebakaran. Dengan menggunakan teknik menggulung selang pemadam api single roll dan double roll, maka akan memberikan manfaat bagi petugas dan selang pemadam api tersebut. Sebelum menggulung selang ada baiknya untuk memastikan apakah selang yang telah digunakan sudah bersih dan kering dari air.


Manfaat Menggulung Selang Pemadam Api
  1. Memudahkan petugas untuk meminimalkan waktu untuk mempersiapkan selang pemadam api
  2. Selang pemadam api menjadi terawat dan tahan lama untuk dioperasikan kembali
  3. Membuat selang tidak mudah robek ataupun lengket saat disimpan

Dalam penggunaan selang pemadam api pun team harus memiliki kerjasama yang kuat. Dimulai dari persiapan sampai akhirnya memadamkan api. Pastikan selang pemadam api selalu aman dari benda-benda tajam dan dapat merusak selang pemadam api.

Jangan lupa untuk menyimpan selang pemadam api pada tempatnya (Hydrant Box). Selalu melakukan maintenance terhadap selang pemadam seperti melakukan simulasi persiapan pemakaian selang pemadam api.

Saat menyimpan kembali selalu pastikan bahwa selang dalam keadaan kering, hal tersebut untuk menghindari terjadinya lengket atau timbulnya jamur pada selang pemadam api. Sekian penjelasan mengenai teknik mudah menggulung selang pemadam api atau Fire Hose.