Info

Pengenalan Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran

Berikut ini pengenalan macam-macam alat pemadam kebakaran yang perlu anda ketahui. Alat Pemadam Kebakaran adalah berbagai peralatan utama dan penunjang untuk membantu memadamkan api kebakaran. Berbagai macam alatnya dapat berupa peralatan pemadam api ringan, pemadam api berat / trolley, pemadam api portable, alat pemadam api thermatic system, dan alat pemadam api hydrant.


Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

merupakan alat pemadam api yang dapat dioperasikan oleh satu orang saja. Alat pemadam api ringan memiliki ukuran berat dari 1Kg sampai dengan 9Kg. Dengan bentuk dan ukuran yang kecil membuatnya dapat diletakan diberbagai tempat seperti toko, gudang, rumah, kantor, rumah sakit, pabrik dan berbagai area lainnya seperti SPBU. Media APAR terdiri dari CO2, ABC Powder, Foam dan HCFC.


Alat Pemadam Api Berat (APAB) Trolley


Alat Pemadam Api Berat (APAB) Trolley

merupakan alat pemadam api yang harus dioperasikan oleh minimal 2 orang, karena alat pemadam api berat memiliki ukuran yang besar yang dimulai dari 20-90Kg tergantung merknya. APAB memiliki sepasang roda yang berguna untuk membantu mendorong APAB keberbagai tempat yang di inginkan. APAB memiliki berbagai media yang sama dengan APAR yaitu Foam, dan ABC Powder.


Alat Pemadam Api Portable - Fire Stop

Alat Pemadam Api Portable

merupakan alat pemadam api yang memiliki ukuran 500ml atau 1Kg, dengan ciri seperti botol hair spray. Namun sayangnya alat pemadam api portable yang hadir di masyarakat seperti Fire Stop tidak dapat dilakukan isi ulang seperti APAR dan APAB.

Solusi untuk anda yang ingin menggunakan Alat Pemadam Api Portable pada kendaraan seperti mobil pribadi, angkutan umum (bus, mini bus, taksi, dan busway), truk, mobil box dan lainnya dapat menggunakan APAR dengan ukuran 1Kg sampai 2Kg.

Tahun 2016 banyak dilakukan sidak terhadap kendaraan yang belum memiliki berbagai alat keamanan seperti Alat Pemadam Api Ringan di dalam mobil. Namun dibalik sidak tersebut ada maksud baik terhadap kendaraan anda.

Sebenarnya tindakan pencegahan terhadap kebakaran kendaraan lebih mudah diminimalisir dengan adanya berbagai peralatan keamanan seperti APAR. Sudahkah anda memiliki Alat Pemadam Api di dalam mobil?


Alat Pemadam Api Thermatic

Alat Pemadam Api Thermatic

merupakan alat pemadam api yang berbentuk bulat dan dilengkapi dengan sprinkler otomotasi untuk medeteksi panas ± 68°C. Jika panas mencapai ± 68°C, maka media (umumnya Halon) di dalam tabung thermatic akan keluar untuk mematikan api. Umumnya Alat Pemadam Api Thermatic diletakan di plafon suatu ruangan.

Ukuran Thermatic System terdiri dari 3Kg dan 5Kg. Memasang Alat Pemadam Api ini lebih mudah dan lebih cepat. Alat pemadam api ini pun sangat mudah dilakukan maintanance. Dengan adanya Preasure Gauge membuat kita dapat mengetahui tekanan di dalam Thermatic System. Alat pemadam api ini dapat diletakan di ruang kantor, pabrik, gudang barang, dan lainnya.


Alat Pemadam Api Hydrant

Alat Pemadam Api Hydrant

merupakan alat pemadam api yang berbentuk T yang umumnya terletak di dalam dan di luar ruangan. Umumnya Hydrant terdapat di dalam gedung dengan bentuk seperti box tertutup yang dilengkapi dengan selangnya. Bila diluar ruangan Hydrant umumnya terletak di pinggir jalan atau diatas trotoar. Hydrant diluar ruangan umumnya terletak di area sudut perumahan, komplek perkantoran dan berbagai tempat lainnya.

Sekian penjelasan mengenai pengenalan macam-macam alat pemadam kebakaran yang paling sering digunakan diberbagai tempat. Selalu sediakan berbagai macam alat pemadam kebakaran di lingkungan anda sekarang juga. Dengan adanya alat pemadam kebakaran, maka akan membantu kita dalam mencegah berbagai bencana kebakaran.